, coworking space

Bekerja Nyaman, Bekerja di Jogja – Perkembangan Industri Kreatif Digital Jogja

Jogja merupakan provinsi di Indonesia yang dikenal dengan berbagai julukan: kota pelajar, kota budaya, kota kuliner, hingga kota wisata. Dunia mengenal Jogja, jutaan turis asing dan domestik berdatangan tiap tahunnya. Akan tetapi, tahukah kamu di luar dari keunikan dan keindahan Jogja tersebut, provinsi ini juga menyimpan sebuah potensi besar pada sebuah industri yang sedang berkembang pasar di Indonesia?

Industri tersebut adalah industri kreatif digital. Jogja telah menjadi rumah bagi ribuan pelaku industri kreatif digital. Individu dengan berbagai latar belakang dan keahlian telah memilih Jogja sebagai tempat berkarya dan berkarir. Selama 5 tahun terakhir Jogja juga menyaksikan datangnya investasi perusahaan-perusahaan luar yang membangun kantor cabang hingga fasilitas produksi.

Muda, Kreatif, dan Terdidik

Dalam survei terakhir mengenai perkembangan industri kreatif di Jogja ditemukan berbagai fakta menarik. Industri kreatif di Jogja ini didominasi oleh Anak muda dengan prosentase sebesar 90,75%. Tidak hanya itu, dari sisi jumlah perusahaan yang bergerak di industri kreatif juga mengalami pertumbuhan yang positif. Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, lebih dari 100 perusahaan baru lahir di Jogja. Mulai dari software house hingga internet marketing, dari sektor pariwisata hingga pendidikan, inilah gambaran pertumbuhan dan kerja dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Industri Kreatif Jogja 01

Sebagian besar dari perusahaan kreatif digital adalah startup yang mulai tumbuh sejak tahun 2009. Terdapat beberapa fakta menarik dengan jumlah startup dan kategori bisnisnya. Mengambil data Jogja Start-Up, sebuah komunitas penggiat usaha rintisan, berhasil diidentifikasi terdapat sekitar 115 startup digital yang beroperasi di Jogja per tahun ini. Sebanyak 86 di antaranya adalah startup asli, sedangkan sisanya pendatang dari luar kota.

Menilik lebih dalam, persentase pebisnis digital di Jogja masih didominasi oleh Software House (21,05%), disusul pemain Commerce (11%), Fintech (10%), dan Digital Agency (8%). Meskipun demikian, kategori lain seperti Travel, Education, hingga Game House masih bisa ditemui. Kemudian terkait dengan ukuran startup, mayoritas digerakkan antar 2-5 orang (36,84%) dan sebagian besar lagi merupakan single player (14.04%).

Tidak hanya besar dan menjanjikan, perusahaan kreatif digital di Jogja telah menjadi bagian dari kekuatan ekonomi Yogyakarta. Saat ini Jogja adalah rumah bagi ratusan perusahaan kreatif, lapangan kerja bagi ribuan orang, industri digital memiliki angka-angka fantastis sebagai new emerging industry di Jogja.

Ragam Profesi dan Keahlian

Membuat website, aplikasi mobile, software, internet marketing hingga game adalah berbagai keahlian yang umum dijumpai oleh pelaku industri kreatif di Jogja. Dari berbagai macam keahlian ini kemudian melahirkan berbagai profesi dan keahlian unik seperti Web Programmer, Graphic Designer, Entrepreneur, Mobile Programmer, Social Media Admin. Keahlian dan profesi tersebut sangat lumrah ditemui di Jogja.

Daya Tarik Jogja

Selain industri terkenal di bidang pariwisata dan pendidikan ternyata Jogja memiliki daya tarik lainnya bagi pelaku industri kreatif digital. Mereka yang memilih tetap tinggal di Jogja memiliki pertimbangan untuk membesarkan industri kreatif digital Jogja. Alasan yang menarik adalah para pekerja kreatif digital ini ingin melepaskan diri dari pola urbanisasi ibukota yang sudah mendarah daging di Indonesia.

Menariknya sebagian besar pekerja di bidang kreatif memilih Jogja dengan alasan kenyamanan sebagai tempat berkarya di Jogja. Selain itu, mereka lebih memilih karena faktor dan alasan biaya hidup yang kecil. Sebuah tempat yang nyaman dengan harga yang terjangkau tentu menjadi alasan yang cukup untuk memilih Jogja sebagai tempat hidup dan bekerja.

Industri Kreatif Jogja 02

Dari pelaku industri kreatif di Jogja mereka mengharapkan beberapa perubahan untuk mendukung berkembangnya industri kreatif, seperti :

1. Coverage internet broadband yang lebih baik dan stabil

2. Menambah coworking space

3. Program inkubasi, lomba dan pelatihan

4. Peliputan media

5. Lokal market, expo, event dan promosi khusus

6. Perbaikan lalu lintas dan transportasi publik dalam kota

7. Akses keluar kota lewat jalan ataupun transportasi publik.

Genius Idea Coworking Space Jogja 03

Untuk mendukung industri kreatif digital di Kota Yogyakarta lebih berkembang, Genius Idea Coworking Space hadir di Kota Yogyakarta. Genius Idea (GI) adalah Coworking Space dan Sewa Private Office dengan dukungan kecepatan internet yang mumpuni, lokai strategi yang di jalan Magelang dekat dengan pusat kota (10 menit ke Malioboro). Akses jalan yang mudah dengan berbagai transportasi publik.

Genius Idea hadir lebih dari sebuah Coworking Space, dimana dapat mendukung industri kreatif digital di Kota Yogyakarta dari berbagai sisi. Mulai dari Community Hub hingga membantu networking ke investor.

Close

SCHEDULE A TOUR

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.